Indahnya Kampung Warna-Warni di Kota Malang yang Menyejukkan Mata

Kamu pecinta street photography atau sedang mencari tempat yang instagramable untuk koleksi foto kamu? Jika itu yang sobatxplore inginkan, maka mengunjungi Kampung Warna-warni di Desa Jodipan, Kec Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur merupakan keputusan yang tepat.

Pesona Keindahan Wisata Kampung Warna-Warni

Kampung warna-warni memberikan suguhan wisata baru sekaligus berbeda di Kota Malang, dengan 17 jenis warna dan gambar mural yang dicat full colour semua rumah warga, mulai dari atap, dinding, hingga jalan kampung memberikan nuansa yang berbeda dan tentunya sangat berwarna.

Baca Juga: Menikmati Pesona Alam Wisata Bukit Paralayang Kota Batu yang Bikin Kamu Susah Move on

 

Pastinya semua tidak menyangka, jika dulunya, kampung yang terletak di bantaran sungai Brantas ini merupakan salah satu kampung terkumuh di Indonesia, yang kemudian disulap menjadi wisata kampung warna-warni. Berbagai spot foto di beberapa sudut kampung dengan lukisan gambar mural, tentu menjadi daya tarik, yang semakin membuat kampung ini mengagumkan.

Nah, diantara semua tempat disana, ada beberapa sudut menarik tak boleh kamu lewatkan. Mana saja?

  • Jembatan Embong Brantas

Dari jembatan embong brantas sobatxplore bisa melihat keseluruhan wajah kampung warna-warni, tampak dari atas. Tentunya sangat menakjubkan.

  • Jembatan Kaca

Jembatan yang bangunannya terbuat dari kaca dilapisi warna emas ini merupakan salah satu daya tarik utama kampung warna-warni. Jembatan ini menghubungkan kapung Jodipan dengan kampung tridi sebuah kampung dengan konsep yang tidak berbeda jauh dari Jodipan namun memiliki sejumlah lukisan mural tiga dimensi yang menghiasi dinding rumah warga.

  • Dinding warna-warni

Tempat ini ada di Lorong gang yang dihiasi beraneka ragam warna pada lantai dan dinding kampung Jodipan, ditambah gantungan hiasan bunga berwarna warni menambah kesan cantik dan menyenangkan

  • Lorong Payung

Merupakan salah satu lorong kampung dengan warna-warani gantungan payung dan dinding yang indah.

Wisata kampung jodipan dan tridi malang
Gambar disalah satu tembok rumah di Kampung Jodipan (c) yukexplore.com
  • Lukisan Mural 3 dimensi

Lukisan Mural dengan gambar yang seolah hidup dan memberikan kesan bercerita saat kamu foto didepannya. Seperti foto lukisan gorilla, gajah menyemburkan air dari belalai, ikan hiu, dan bermacam-macam gambar lainnya

  • Tangga Warna-warni

Anak tangga di kampung ini cukup banyak karena bangunan yang tidak merata dan jalan yang naik turun, maka spot tangga menjadi begitu cantik untuk berbagai angle foto dengan hiasan warna yang beragam.

Fasilitas Wisata Kampung Warna Warni Malang

Berkunjung ke kampung warna-warni kamu tak tak akan kesulitan apapun, karena beberapa fasilitas seperti tempat parkir, toilet, mushola, dan camilan/jajanan, sudah tersedia lengkap disana.

Untuk biaya parkir motor Rp 2000, parkir mobil Rp 5000, parkir bus pariwisata Rp 15.000 – Rp 25.000.

Akses Menuju Wisata Kampung Warna-Warni

Kampung Warna-warni jodipan malang
Dekorasi payung warna warni di kampung wisata jodipan Malang (c) yukexplore.com

Akses menuju kampung warna-warni cukup mudah, jika ingin menggunakan alat transportasi umum dapat naik angkot dengan kode ABG, AMG, AJG, dan MT semuanya langsung lewat di depan kedua kampung tersebut.

  • Dari Stasiun Kota Baru Malang jaraknya cukup dekat sekitar 500 meter jadi menuju kampung Jodipan sobatxplore bisa jalan kaki atau naik becak.
  • Dari Terminal Arjosari (arah Surabaya, Banyuwangi, Blitar) : disarankan untuk naik angkot kode AJG karena langsung turun di depan kampung Jodipan dan Tridi.
  • Dari Terminal Ladungsari (arah kota Batu, Kediri, Jombang) :  dari terminal ini tidak ada angkot yang langsung turun di Jodipan, namun kamu bisa naik angkot kode AL dan ADL lalu turun di stasiun Kota Baru Malang, kemudianbisa dilanjutkan dengan jalan kaki karena jarak yang cukup dekat.
  • Dari Terminal Gadang : sobatxplore bisa memilih angkot dengan kode AMG, ABG, AJG, ketiga angkot tersebut langsung turun didepan wisata kampung warna-warni.
  • Dari Bandara Abdurrahman Saleh  : jika dari Bandara sobatxplore bisa naik taksi atau transportasi online.
  • Dari alun-alun kota Malang jaraknya sekitar 2km, kamu bisa menggunakan transportasi online.

Untuk tarif angkot kota malang sekitar Rp 4000, namun jika dari terminal Rp 5000.

Tiket Masuk dan Jam Operasional

Harga tiket masuk wisata ini cukup murah hanya Rp 2000/per orang dan jam opersional Senin – Minggu pukul 06.00 – 18.00 WIB

Tips Wisata di Kampung Warna-Warni Jodipan Malang

  • Datanglah pada pagi atau sore hari, sekitar pukul 10.00 atau 15.00 WIB
  • Bawalah air minum karena jalan di kampung ini naik turun
  • Disarankan memakai sepatu yang nyaman agar leluasa menaiki anak tangga

Nah, itu tadi review kami mengenai wisata kampung warna-warni Kota Malang, semoga bermanfaat dan menjadi referensi wisata yang menarik untuk sobatxplore. Jadi kapan piknik?. Informasi Wisata Malang Lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *