Lingkoq Datu, Pantai Penyisok : Tempat Wisata Anti-Mainstream di Pulau Lombok

Bukan rahasia lagi, jika pulau Lombok yang berada di wilayah Nusa Tenggara Barat ini menyimpan beragam potensi wisata yang amat menakjubkan. Bahkan popularitasnya mulai menyaingi pulau Bali. Nah, diantara banyaknya obyek wisata yang ada, salah satunya yang cukup menarik dikunjungi adalah Lingkoq Datu, Pantai Penyisok.

Pernah dengar ?

Ya, obyek wisata ini memang belum begitu terkenal, layaknya Gili Trawangan. Namun mengenai daya tarik serta pesonanya, jangan anggap remeh.

Sekilas mengenai Lingkoq Datu, Pantai Penyisok

Lingkoq Datu memiliki makna tersendiri dalam bahasa Suku Sasak—suku  tradisional yang ada di Lombok. Lingkoq artinya sumur, sedangkan datu artinya adalah penguasa atau pemerintahan. Kata ‘datu’ sendiri lebih populer ketika masih jaman kerajaan. Meski demikian, di beberapa pelosok wilayah Lombok, masih banyak penduduk yang menggunakan kata tersebut.

Baca Juga: Mendaki Keindahan Bukit Pergasingan Sembalun Lombok

Jadi jika diartikan, Lingkoq Datu adalah sumur milik pemerintah kerajaan. Lingkoq Datu bisa juga diartikan lebih singkat, yakni ‘sumur kerajaan’. Hal ini juga dapat digunakan untuk menggambarkan suatu tempat yang megah dan berbau kerajaan.

Misteri sumur di dekat Lingkoq Datu

Kurang lebih 1 km sebelum masuk ke tebing Lingkoq Datu, kamu akan menjumpai sejumlah sumur air tawar. Yang menarik, ada dua sumur yang diberi pagar berupa batang-batang kayu dan ada dua buah paruga besar disana. Kedua sumur ini diberi nama dengan Mame (laki-laki) dan Nine (perempuan). Berdasarkan keterangan penjaga sumur, kedua sumur ini diberi nama seperti itu karena bentuk keduanya mirip dengan kemaluan laki-laki (Mame) dan kemaluan perempuan (Nine).

lingkoq datu pantai penyisok
Lingkoq Datu Via: stayhello.com

Asal muasal nama Pantai Penyisok

Sedangkan Pantai Penyisok, disebut demikian karena tak jauh dari bibir pantai, terdapat sebuah rawa air hujan yang ketika keringnya dijadikan masyarakat setempat untuk mencari sisok atau siput laut. Nama Pantai Penyisok lebih dikenal dibandingkan dengan Lingkoq Datu.

Baca Juga: Panduan Liburan Romantis di Gili Meno Lombok yang Eksotis

Keindahan alam Lingkoq Datu, Pantai Penyisok

Pantai eksotis ini merupakan sebuah pantai yang masih sangat sepi dan asri. Nuansa alaminya begitu terasa karena masih belum banyak wisatawan yang berkunjung ke pantai ini. Belum banyak terlihat fasilitas-fasilitas layaknya sebuah obyek wisata, namun dengan keindahan pantai berpasir putih dan bebatuan karang yang membentuk barisan bukit membuat suasana di Pantai Penyisok terasa indah.

Akses menuju Lingkoq Datu, Pantai Penyisok

transportasi ke lingkoq datu Pantai Penyisok
Via: Ayokelombok.com

Pantai Penyisok berlokasi di Kecamatan Jerowaru. Tempatnya masih agak tersembunyi. Untuk bisa mencapai ke Lingkoq Datu, Pantai Penyisok, Sobatexplore harus melewati Aro Inaq yang merupakan jalur yang searah ke Pantai Pink yang terkenal. Hanya saja, untuk menuju ke Pantai Pink, maka kamu harus berjalan lurus terus agak condong ke kiri.

Sedangkan untuk ke Pantai Penyisok, kamu harus belok kanan pada pertigaan Dusun Aro Inaq yang merupakan wilayah transmigrasi. Baik akses jalan menuju Pantai Pink maupun ke Pantai Penyisok sama-sama berupa aspal halus yang tersambung dengan jalanan penuh krikil. Kondisi jalan ke Pantai Penyisok lebih parah dibanding Pantai Pink. Sobatexplore juga perlu bertanya kepada penduduk sekitar agar lebih jelas.

Meskipun rasanya cukup sulit dan penuh perjuangan untuk bisa sampai ke tempat wisata anti mainstream ini, namun percayalah, dijamin sesampainya disana, semua rasa lelahmu akan terbayarkan tatkala melihat suguhan alamnya yang mempesona.

Sobatexplore siap berpetualang? Nah, kira-kira kapan kamu menjadwalkan liburan ke obyek wisata eksotis yang menantang ini? Wisata Lombok Lainnya.

One Reply to “Lingkoq Datu, Pantai Penyisok : Tempat Wisata Anti-Mainstream di Pulau Lombok”

  1. Kerennya tebing tebing di Lingkoq itu ya …
    Tinggi menjulang gagah.
    Semoga aku bisa kesampaian liburan kesana.

    Sayangnya artikel ini ngga ada foto tentang sumur di dekat Lingkoq.
    Aku penasaran dengan bentuknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *