Pesona Alam Wisata Taman Nasional Gunung Rinjani di Pulau Lombok

Bagi para pecinta alam yang gemar mendaki gunung tentu sudah tidak asing lagi dengan Taman Nasional Gunung Rinjani. Gunung yang terletak di Pulau Lombok ini merupakan gunung terbesar di Pulau Lombok, dan menjadi tempat favorit para wisatawan, khususnya yang menggemari kegiatan pendakian.

Keindahan Alam di Taman Nasional Gunung Rinjani

Gunung Rinjani merupakan satu dari tiga gunung terbesar yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Dari sekian banyak gunung berapi yang masih aktif di Indonesia, Gunung Rinjani termasuk yang cukup sulit ditaklukkan. Meski demikian, setiap bulannya rata-rata ada 1600 orang yang mendaki Gunung Rinjani, baik dari kalangan pendaki lokal maupun yang berasal dari mancanegara.

Baca Juga: Panduan Liburan Romantis di Gili Meno Lombok yang Eksotis

 

Sekilas tentang Gunung Rinjani

Gunung Rinjani memiliki ketinggian kurang lebih 3726 MDPL atau 12.224 kaki. Untuk bisa mencapai puncak tertinggi di Pulau Lombok ini, membutuhkan waktu setidaknya 4 hari 3 malam pendakian. Di tahun 2016, tercatat ada 93.018 orang yang mendaki Gunung Rinjani, sedangkan di tahun berikutnya turun menjadi 79.163 orang. Luas keseluruhan Taman Nasional Gunung Rinjani kurang lebih 41.330 hektar.

Rute menuju Gunung Rinjani

pendakian taman nasional gunung rinjani
Foto Via Phinemo.com

Untuk bisa mencapai daerah Sembalun yang menjadi pintu masuk utama Taman Nasional Gunung Rinjani, kamu harus menggunakan jalur darat. Pertama-tama, dari Bandara Internasional Lombok, kamu akan menaiki bus Damri dengan tujuan Terminal Damri Mataram. Dari situ, kamu lanjut menggunakan taksi atau berjalan kaki menuju ke Terminal Mandalika kurang lebih 15 menit perjalanan.

Sesampainya di Mandalika, kamu akan menaiki transportasi umum berupa mobil engkel (sejenis elf) ke Pasar Aikmel dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam. Setelah sampai di Pasar Aikmel, kamu harus menaiki mobil pickup selama 2 jam untuk bisa sampai di daerah Sembalun.

Pesona dan Daya Tarik Gunung Rinjani

Pendakian taman nasional gunung rinjani
Foto Via rinjaninationalpark.com

Karena merupakan sebuah kawasan taman nasional yang luas, di sekitar Gunung Rinjani kamu akan menemukan berbagai obyek wisata alam yang luar biasa indah. Setelah mendaki melalui jalur pendakian gunung rinjani, pada ketinggian lebih dari 2000 MDPL  kamu akan menjumpai Danau Segara Anak. Tak jauh dari situ, ada sebuah pemandian air panas yang bermanfaat untuk mengobati berbagai penyakit.

Selain itu, sobatexplore juga bisa melepas lelah di sepasang goa, yaitu Goa Susu dan Goa Payung Mas. Disana, kamu akan menemukan kolam kecil berisi mata air panas yang masih sangat-sangat alami. Tak berhenti disitu, kamu juga bisa menjumpai sebuah desa kecil tradisional bernama Desa Senaru. Di desa yang dihuni masyarakat Suku Sasak ini, terdapat air terjun lengkap dengan kolam alaminya yang bernama Sindang Gila dan Tiu Kelep.

Harga Tiket Masuk Gunung Rinjani

Pintu masuk taman nasional gunung rinjani
Foto Via rinjaninatonalpark.com

Taman Nasional Gunung Rinjani mematok harga tiket sebesar Rp 5000 per orang di hari biasa. Sedangkan di hari libur, harga tiket dipatok Rp 7500, ini untuk wisatawan lokal. Untuk wisatawan asing, dikenakan biaya tiket masuk Rp 150.000 di hari biasa dan Rp 225.000 di hari libur. Biaya masuk ini dihitung per hari. Jadi jika kamu mendaki gunung selama 4 hari, maka akan dikenakan biaya Rp 20.000 di hari biasa dan Rp 30.000 di hari libur.

Tips Berwisata ke Gunung Rinjani

Pastikan fisik dan mental kamu cukup kuat untuk melakukan pendakian. Jika tidak, sebaiknya tak perlu sampai ke puncak. Pelajari rute dan medan pendakian serta jangan lupa selalu melapor setiap kali sampai di pos pendakian. Persiapkan bekal makanan dan minuman yang cukup serta jaga lingkungan, perkataan dan perbuatan.

One Reply to “Pesona Alam Wisata Taman Nasional Gunung Rinjani di Pulau Lombok”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *